Resep Gudeg Jogja Lezat & Istimewa Yang Sudah Mendunia

Resep Gudeg Jogja Lezat & Istimewa Yang Sudah Mendunia - Siapa yang tidak tahu dengan kuliner yang satu ini. Rasanya yang manis pedas ini memang selalu ramai diburu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Dan yang bikin bangganya lagi adalah kuliner gudeg ini sudah menjadi hidangan favorit di Melbourne Australia tepatnya di kawasan Clayton Road.

Kuliner gudeg ini memang sudah dikenal bagi sebagian masyarakat Indonesia  khususnya masyarakat Yogyakarta. Dan memang kuliner gudeng ini khas dari Kota Yogyakarta dan dari ke popularitas tersebut lah yang membuat Yogyakarta dikenal dengan Kota Gudeg. Tak heran jika Anda berkunjung ke Yogyakarta dan mencicipi kuliner satu ini, seakan akan Anda tidak mau meninggalkan kota Yogyakarta dan ingin mencicipinya terus hehe.

Gudeg bisa disebut masakan tradisional yang terbuat dari bahan utama Nangka Muda atau (nangka) yang sudah direbus terlebih dahulu dangan campuran gula aren dan santan kelapa. Dengan tambahan rempah-rempah asli Indonesia itulah yang membuat Gudeg menjadi banyak digemari banyak orang. Pada penyajiannya Gudeg biasa dilengapi dengan nasi putih hangat, ayam, telur rebus, tahu, tempe bahkan kerupuk dan sambal. 

Jika Anda penasaran ingin membuat Gudeg ini dirumah, dalam postingan kali ini saya selaku admin Dapurmicin akan membagikan Resep Gudeg dan cara memasaknya. Okee penasaran bahan-bahan apa saja yang diperlukan dalam memasak gudeg dan cara memasaknya. Simak saja semuanya dibawah ini.

Resep Gudeg Jogja Lezat & Istimewa Yang Sudah Mendunia
Resep Gudeg Jogja Lezat & Istimewa Yang Sudah Mendunia
Bahan-Bahan :
  • 1 kg buah nangka kecil, potong-potong
  • 12 btr telur rebus, yang kulitnya sudah dibuang
  • 1000 cc air kelapa atau dan 1 sdt cuka
  • 10 lbr daun salam
  • 8 iris lengkuas ½ x 8 cm iris panjang
  • 200 gr gula merah, iris halus
  • 2000 cc, santan dari 1 buah kelapa
Bumbu Halus :
  • 15 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 3 sdt ketumbar
  • garam secukupnya
Cara Memasaknya :
  1. Siapkan panci, daun salam Alaskan daun salam di dasar panci dan diletakkan di atasnya irisan lengkuas. Kemudian masukkan nangka muda yang suda di potong-potong terlebih dahulu, telur rebus, dan gula merah.
  2. Campurkan bumbu halus dengan 500 cc air kelapa atau cuka, campuran baik sampai larut dan kemudian siramkan ke dalam panci.
  3. Tambahkan air kelapa secukupnya sebatas tinggi nangka dan telur menjadi tenggelam. Tutup panci, masak di atas api sedang dan tidak membuka tutup sebelum 2 jam pertama. Setelah 2 jam, buka tutupnya. Jika air sudah sedikit, angkat pertama telur dan sisihkan sementara di agar tidak hancur.
  4. Masukkan santan, aduk-aduk dengan sendok kayu sambil Anda menghancurkan potongan nangka. Masukkan lagi telur sampai sedikit terkubur nangka.
  5. Kemudian masak lagi dengan api kecil sambil mengaduk-aduk sesekali sampai dilakukan selama sekitar 3½ jam atau sampai santan habis dan gudeg berwana cokelat kemerahan.
  6. Siramkan kuah kental di atas gudeg nangka hangat secukupnya pada saat disajikan.
Oh iyaa Gudeg mengandung banyak energi, salah satu contohnya adalah zat besi 12,8 miligram, protein 3,3 gram, karbohidrat 16 gram. Dan sumber protein yang datang dari tambahan lauknya seperti daging ayam, rebusan telur, tahu, tempe nya itulah membuat kuliner Gudeg ini baik untuk kesehatan tubuh.
Okee sekian dari artikel Resep Gudeg Jogja Lezat & Istimewa Yang Sudah Mendunia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

No comments for "Resep Gudeg Jogja Lezat & Istimewa Yang Sudah Mendunia"