Resep Cilok Daging Ayam Kenyal Untuk Dagang

Resep Cilok Daging Ayam Kenyal Untuk Dagang - Beberapa orang mungkin tidak asing lagi dengan makanan khas Jawa Barat ini, ya cilok atau orang sunda bilang aci dicolok ini memang jajanan atau makanan khas dari Jawa Barat yang terbuat dari bahan tepung tapioka dengan tekstur yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap yaitu sambal kacang, kecap, dan saus.
Dengan bentuknya yang bulat sama seperti bakso namun cilok ini dibuat khusus dengan teksturnya yang kenyal dan terdapat tambahan bahan telur atau daging cincang didialamnya. Untuk daging cincang nya sendiri, cilok bisa dengan menggunakan daging cincang ayam dan daging sapi. Namun kali ini Dapurmicin akan membagikan resep cilok daging ayam saja.

Dengan pembuatannya yang begitu praktis dan setiap orang pun bisa membuatnya, namun tidak ada salahnya jika Anda semua nya mencoba membuatnya nya sendiri di rumah dengan panduan dan bahan-bahan yang sudah di cantumkan di bawah ini.


Resep Cilok Daging Ayam

Bahan-Bahan Cilok :
  • Daging ayam giling halus 200 gram
  • Tapioka 300 gram
  • 50 gram tepung terigu atau 5 sendok makan
  • 2 butir telur
  • Air secukupnya kira-kira 150 mili liter
  • 2 sendok teh bawang putih bubuk 
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh merica bubuk 
  • 3 batang seledri , cincang halus

Langkah Membuat Cilok Daging Ayam :

  1. Pertama-tama masukkan daging dalam baskom, masukkan bumbu, lalu aduk-aduk sampai daging ayam terlihat lembut dan liat/kalis (jika sudah memakai air waktu menghaluskan daging, cukup aduk sampai benar-benar rata), masukkan telur kocok aduk rata, lalu beri sebagian air (jika sebagian sudah dibuat blender skip langkah ini). 
  2. Selanjutnya jika adonan sudah terlihat lembut, masukkan tepung tapioka dan terigu, aduk sampai adonan seperti adonan bakso ayam. Jika masih kering tambahi sisa air, sedikit demi sedikit sampai adonan liat.
  3. Cetak adonan menjadi bulat dengan cara genggam adonan dan keluarkan melalui sela-sela jempol di atas air mendidih, rebus dengan api sedang, jika sudah mengapung biarkan beberapa saat, baru angkat dan pindahkan ke dandang yang sudah di isi air.
  4. Jika semua pentol sudah direbus dan diletakkan di dandang, kukus kurang lebih selama 20-30 menit. Angkat, cilok daging ayam siap untuk disajikan dengan sambal kacang atau saus pedas kesukaan.
Oke itulah resep cilok yang bisa dikatakan simple banget, dan untuk dijadikan bisnis bisa dikarenakan cilok sangat diterima oleh masyarakat Indonesia.

No comments for "Resep Cilok Daging Ayam Kenyal Untuk Dagang "